Home » , , » Cara mengurutkan data berdasarkan tanggal di Ms.Excel

Cara mengurutkan data berdasarkan tanggal di Ms.Excel

Written By Unknown on Sunday, September 7, 2014 | 5:46 PM


Kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit ilmu microsoft excel untuk teman teman yang kesulitan dalam mengurutkan data berdasarkan tanggal di  microsoft excel.
Microsoft excel adalah sebuah software pengolah angka yang banyak digunakan dan sangat bermanfaat bagi semua kalangan entah itu pelajar, guru, pegawai, dll... Microsoft excel memiliki banyak fungsi salah satunya adalah dalam hal pengurutan.
Di microsoft excel anda bukan hanya bisa mengurutkan nomor, huruf, nilai, tapi anda juga bisa mengurutkan data berdasarkan tanggal.

Langsung saja ke tutorial Cara mengurutkan data berdasarkan tanggal di Ms.Excel:

  • Masukkan semua data yang ingin di urutkan. Karna anda ingin mengurutkan data berdasarkan tanggal maka untuk kolom tanggal ubah ke tipe " Short Date "(klik panah general dan cari short date)

  •  Untuk penulisan tanggal bisa dengan format tanggal, bulan, tahun ; contoh: 28/04/1996
  • Jika sudah selesai memasukkan semua data yang di perlukan blok kolom Tanggal dan pilih menu Short & Filter (berbentuk corong) dan pilih Short Oldest To Newest (Dari yang terlama ke yang baru) atau pilih Short Newest To Oldest (Dari yang baru ke yang terlama)
  • Lihat hasilnya.
CONTOH


                          
                           Short Newest To Oldest
Short Oldest To Newest
  • Jika anda ingin mengubah format tanggalnya seperti yang anda inginkan blok kolom tanggal > klik kanan > pilih format cells > Number (date) > ganti Locale ke indonesian atau negara lain dan pilih format tanggal yang anda inginkan.


Terimakasih sudah membaca tutorial singkat dari saya, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di komentar..
GOOD LUCK!


2 comments:

Silahkan berkomentar yang sopan biar bisa ku kunjungi balik